Skadron F-35 USMC Siap Tempur

Pihak USMC menyatakan bahwa kesatuan penerbangannya siap untuk mengoperasikan pesawat tempur generasi ke-5 mereka F-35C untuk kekuatan tempur penuh dan berpangkalan di Kapal Induk USN.

Hal tersebut dibuktikan dengan kesiapan Skadron Serbu 314 (Marine Fighter Attack Squadron/VMFA) serta kekuatan pendukungnya berupa skadron 352 untuk isi-ulang bahan bakar di udara, Marine Aircraft Group 11, 3rd Marine Aircraft Wing, yang melakukan uji operasi di Marine Corps Air Ground Combat Center Twentynine Palms, California pada 3 Desember 2021 yang lalu.

https://www.thedrive.com/the-war-zone/38068/marine-corps-f-35cs-make-first-arrested-landings-at-an-expeditionary-airfield

Pelaksanaan dilakukan dengan demonstrasi ekspedisi pendaratan dengan M-31 arresting gear Interim Flight Clearance (IFC).

Kemampuan baru tersebut memperlihatkan pesawat F-35C Lightning II untuk mendarat pada landas pacu yang pendek dimana saja, menunjukkan peningkatan fleksibilitas dalam operasi tempur.

Dengan demikian F-35C yang merupakan varian untuk berpangkalan di kapal induk dari skadron Joint Strike Fighter menjadi pesawat yang siap untuk menjalankan tugas dari kapal induk dan mendukung operasi tempur. VMFA 314 yang melakukan uji berasal dari Stasiun Udara USMC Miramar, California.

https://www.thedrive.com/the-war-zone/38068/marine-corps-f-35cs-make-first-arrested-landings-at-an-expeditionary-airfield

Pertama kali menerima pesawat F-35C pada Januari 2020 dan resmi dinyatakan sebagai asset 314 pada bulan Maret 2020, saat skadron yang digelari “Black Knight” itu mencapai predikat “safe for flight”.

Pada bulan Desember 2020, untuk Varian F-35C, Skadron baru mencapai tingkat ‘minimum operational standard” (dikenal sebagai initial operational capability). Artinya, skadron dinyatakan masih memiliki kekurangan tenaga Penerbang Marinir yang terlatih untuk menerbangkan pesawat tempur generasi ke-5 tersebut, termasuk personil pendukungnya. Sementara untuk varian F-35B USMC sudah memperoleh predikat ‘full operational capability’.

F-35B merupakan varian yang dapat tinggal landas pada landas pacu yang pendek dan mendarat secara vertikal. F-35B pertama kali ditempatkan pada kapal USS Wasp yang tergabung dalam 31st Marine Expeditionary Unit (MEU) yang berpangkalan di kawasan Pasifik.

USMC rencananya akan memesan 67 unit F-35C yang akan dioperasikan dari pangkalan di atas Kapal Induk. Namun hingga saat ini masih belum diketahui jumlah yang pasti akan di beli maupun yang sudah diserahkan peda pihak USMC.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Gimana menurut Lo?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ujicoba Penembakan Misil Baru Dari Helikopter AH-1Z Viper

Melihat Pesawat Tempur Baru Rusia, Sukhoi SU-75