SU-34 Fullback di Ukraina

Cuplikan video serangan tempur awak pesawat SU-34 Fullback pada operasi militer khusus di Ukraina: awak Angkatan Udara Rusia mempraktikkan serangan udara praktis terhadap struktur pertahanan yang digunakan oleh nasionalis, gudang senjata dan amunisi, dll.

Foto-foto Sukhoi SU-34 di Ukraina

Sukhoi SU-34, image: Department of Defense Russia

Sekilas SU-34 Fullback

Sukhoi Su-34 (kode NATO Fullback) dikembangkan sebagai pesawat penyerang (fighter) untuk menggantikan Su-24 Fencer. SU-34 Fullback ini adalah turunan atau pengembangan dari Su-27 Flanker, mudah dibedakan dengan kokpit berdampingan dan hidung ‘platipus’.

SU-34 Fullback pertama kali diterbangkan pada tahun 1990, pesawat ini awalnya bernama Su-27IB. Pada tahun 1995 sebuah pesawat purwarupa atau preproduksi, ditunjuk sebagai Su-32, terungkap.

Pengembangan SU-34 Fullback berjalan lambat karena keterbatasan dana. Sampai tahun 2004 total 8 pesawat pra-produksi dibangun untuk uji coba dan evaluasi. Beberapa tahun yang lalu Angkatan Udara Rusia telah mengadopsi penunjukan Su-34 untuk pesawat ini.

SU-34 Fullback

SU-34 Fullback secara resmi memasuki layanan dengan Angkatan Udara Rusia pada tahun 2014. Pada 2015 Angkatan Udara Rusia mengoperasikan 76 pesawat serang ini.

Disebutkan, total kebutuhan Rusia adalah 200 interdiktor tipe baru. SU-34 Fullback juga diusulkan untuk pelanggan ekspor, namun hingga saat ini tidak ada pesanan. Program peningkatan terus berlanjut untuk Su-24 Rusia yang bertahan untuk memperpanjang masa pakai mereka.

Desain Su-34 Fullback mempertahankan tata letak dasar Su-27, konstruksi badan pesawat, mesin, sebagian besar struktur sayap, ekor, dan sebagian besar peralatan onboard. Ia juga menggunakan canards dari Su-30 untuk meningkatkan kemampuan manuver.

Pesawat SU-34 Fullback memiliki hidung yang sama sekali baru dan badan pesawat depan dengan kokpit.

Keuntungan dari kokpit berdampingan adalah bahwa instrumen duplikat tidak diperlukan untuk setiap pilot. Ini juga lebih nyaman pada misi yang lebih lama. Su-34 memiliki kokpit kaca modern, dengan layar multi-fungsi berwarna.

Bagian hidung Fullback mengakomodasi radar array bertahap multi-mode canggih, yang mampu mengikuti medan. Kokpit dan beberapa komponen dan sistem penting lainnya berlapis baja. Pesawat dilengkapi dengan peralatan tindakan counter elektronik yang komprehensif.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Oleh: Irwan

Gimana menurut Lo?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Korvet Type 056 Jiangdao China

Arti Kode Nama Pesawat Rusia