Update Operasi Militer Khusus Rusia di Ukraina (20/6)

Laporan Kementerian Pertahanan Rusia tentang kemajuan operasi militer khusus di Ukraina (20 Juni 2022). ️Angkatan Bersenjata Federasi Rusia terus melancarkan serangan ke fasilitas militer yang berlokasi di Ukraina.

Rudal presisi tinggi Oniks yang diluncurkan oleh sistem rudal pantai Bastion telah menyerang lapangan terbang Artsiz di wilayah Odessa. Serangan itu mengakibatkan hancurnya stasiun kontrol untuk kendaraan udara tak berawak (UAV) Bayraktar-TB2 dan 2 UAV sistem ini di darat.

Dalam perang kontra-baterai, 11 peleton sistem peluncuran roket ganda Grad telah dinetralkan di dekat Kurtimovka, Ochertino, Tonenkoye, Sukhaya Balka, Novgorodskoye, Mayorovka, Otradovka, dan Zaytsevo selama 24 jam terakhir.

️Selain itu, 12 peleton artileri Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) telah dinetralkan di posisi tembak mereka di dekat Dzerzhinsk, Novgorodskoye, Nikolayevka, Leninskoye dan Zaytsevo.

️2 Howitzer 155-mm M777 dan krunya telah dimusnahkan di dekat Podgornoye.

️Operasional-taktis dan penerbangan militer telah menetralisir 47 area konsentrasi tenaga dan peralatan.

Kru MLRS Uragan menghancurkan posisi Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) selama operasi militer khusus. Selama misi pengintaian udara, awak kendaraan udara tak berawak Orlan-10 menemukan posisi AFU yang disamarkan dan mengirimkan informasi ke pos komando artileri.

Setelah menerima koordinat target, MLRS Uragan 220mm Distrik Militer Barat menyerang posisi musuh yang teridentifikasi

Target yang dihilangkan meliputi: tenaga kerja dan peralatan militer di dekat Vesyoloye, Privolchye dan Bogorodichnoye (Republik Rakyat Donetsk), jalur peluncuran sistem peluncuran roket ganda BUK-M1 di dekat Seversk (Republik Rakyat Donetsk), serta radar penerangan dan pengamatan Sistem rudal pertahanan udara S-300 dekat Novodruzhesk (Republik Rakyat Lugansk).

Pasukan rudal dan artileri telah menetralisir 148 area konsentrasi personel dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), 25 pos komando, serta 59 unit artileri di posisi tembak mereka.

️Serangan yang diluncurkan oleh penerbangan, pasukan rudal dan artileri telah mengakibatkan 450 nasionalis, 13 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, serta 16 kendaraan khusus.

Sistem pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh 1 MiG-29 dari Angkatan Udara Ukraina di dekat Apostolovo (wilayah Dnepropetrovsk). Selain itu, 9 UAV Ukraina telah ditembak jatuh di dekat Alisovka (wilayah Kharkov), Verkhnetoretskoye (Republik Rakyat Donetsk), Grechishkino (Republik Rakyat Lugansk), gundukan Mogila Kulicha, Tomina Balka dan Chernobayevka (wilayah Kherson).

️9 proyektil yang diluncurkan oleh sistem peluncuran ganda Uragan telah dicegat di dekat Malaya Kamyshevakha dan Dolgenkoye (wilayah Kharkov), Makeyevka dan Avdeyevka (Republik Rakyat Donetsk).

Secara total, 208 pesawat terbang dan 132 helikopter, 1.260 kendaraan udara tak berawak, 345 sistem rudal anti-pesawat, 3.696 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 576 kendaraan tempur yang dilengkapi dengan sistem peluncuran roket ganda, 2.055 meriam dan mortir artileri lapangan, serta sebanyak 3.731 unit peralatan militer khusus telah dihancurkan selama operasi militer khusus.

Ukraina menderita kerugian besar selama operasi militer khusus.

️Sejak 19 Mei, selama sebulan, hanya Brigade Mekanik ke-14 AFU yang kehilangan 2.100 orang yang mengakibatkan tewas dan terluka. Karena kondisi moral dan psikologis yang rendah, 800 orang yang mengisi kembali kehilangan dalam unit ini, menolak untuk pergi ke area operasi dan menuduh petugas tidak kompeten, suap dan kronisme dalam membayar uang saku.

️Sekitar 100 prajurit unit pengintai dari Brigade Serangan Gunung ke-10 telah dibebaskan dari tugas tempur dan diangkut ke Kremenchug untuk penyelidikan.

️Sebagian besar komandan Brigade Mekanik ke-30 AFU telah memisahkan diri dari mengelola unit mereka dan menolak untuk memenuhi tugas tempur. Segala macam dalih digunakan untuk mengaku sakit. Mayoritas unit sudah dibiarkan tanpa petugas.

Oleh: Irwan

Gimana menurut Lo?

-1 Points
Upvote Downvote

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loyal Wingman Baru Pesawat Tempur Jepang

OTR-21 Tochka (SS-21) Ukraina Dihancurkan Russia