Turki Jual Hizir APC ke Kenya

Sebuah perusahaan Turki, KATMERCILER baru-baru ini mendapatkan kontrak untuk memasok 118 unit Kendaraan Angkut Personil Lapis Baja “Hizir” untuk Angkatan Bersenjata Kenya, dengan nilai US$ 70 juta. Berita ini juga dilansir oleh Shepard Media bersasar konfirmasi dari pihak Katmerciler pada 28 Juli 2021.

Pembelian Hizir APC tersebut setelah melalui pengkajian yang kritis dari Angkatan Bersenjata Kenya, juga faktor perlindungan kendaraan terhadap ranjau buatan seperti IED (improvised explosive devices).

Kontrak yang diperoleh Katmerciler setelah melalui proses tender dan mengalahkan dua pesaingnya dari Afrika Selatan dan Amerika.

https://www.defenceturk.net/katmerciler-hizir-ile-kenyadaki-118-araclik-ihaleyi-kazandi

HIZIR APC merupakan kendaraan beroda ban 4×4 lapis baja yang dirancang guna menghadapi kondisi operasi yang ekstrim baik didaerah rural maupun daerah urban seperti perkotaan, dengan daya angkut sembilan personil berikut peralatannya.

Dibuat dalam berbagai varian seperti; Angkut Personil, Komando-Kendali, kendaraan CBRN, ambulan, pengintai, dan untuk patroli perbatasan. Kendaraan ini termasuk kategori MRAP (Mine Resistant Ambush Protected).

Bobot kendaraan 16.000 kg, panjang 5,57 m, lebar 2,49 m, tinggi 2,61 m wheelbase 3,08 m. Memiliki rancang bangun chassis V-hull monocoque.  Kendaraan memiliki 9 port senjata (senapan), empat di setiap sisi dan satu dibagian belakang.

Diatap kendaraan dipasangi pelontar granad. Menggunakan mesin penggerak diesel intercooled Cummins ISL turbocharged 6 silinder (400 hp pada 2100 rpm). Mampu menjelajah di jalan raya dengan kecepatan maksimum 110 km/jam, dan daya tempuh 700 km.

Katmerciler merupakan industri strategis Turki yang didirikan pada tahun 1985.  Selama ini telah menghasilkan berbagai produk dengan sertifikasi berkualitas tinggi.

Produk termasuk berbagai jenis kendaraan militer, kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan transportasi umum, dan lain-lain.

Selain untuk pasar lokal, mereka sudah mengekspor produksinya ke berbagai negara.

Valrian lain dari Hizir adalah HIZIR II 4×4 Tactical Wheeled Armoured Vehicle yang memiliki daya muat 14 personil berikut perlengkapannya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Gimana menurut Lo?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kapal Selam Terbesar Di Dunia, K-329 Belgorod

KRI Martha Christina Tiahahu (331)