Pendaratan F-35B Italia di Kapal Induk

Untuk pertama kalinya pesawat F-35B Lighting II milik Angkatan Udara Italia yang baru, melakukan pendaratan di landas pacu kapal induk milik Angkatan Laut Italia bulan Nopember 2021 yang lalu.

21 Nopember 2021 pesawat F-35B AU Italia mendarat di kapal induk Cavour, bergabung dengan F-35B milik AL.

AU Italia dicanangkan akan menerima 60 unit F-35A dan 15 unit F-35B yang dapat tinggal landas dari landas pacu yang relative pendek.

Saat ini pihak AL Italia telah menerima tiga unit F-35B (dua unit berada di Amerika Serikat untuk kegiatan latihan penerbang, dan satu unit berada di kapal induk Cavaur sejak bulan Juli 2021.

https://www.defensenews.com/global/europe/2021/11/22/italy-air-force-f-35b-makes-first-time-landing-on-italian-carrier/

Saat latihan pada 21 Nopember 2021 yang lalu, dua F-35 tinggal landas dari kapal induk Cavaur menuju Kapal Induk milik AL Inggris, Queen Elizabeth – saat ini kapal induk Queen Elizabeth berada di perairan Mediterrania, dikapal tersebut juga terdapat dua unit F-35B milik USMC.

Kegiatan latihan memang menjadwalkan F-35B milik ketiga negara tersebut akan bermanuver bersama.

Bagi pihak Italia, kegiatan latihan manuver pesawat F-35B antara lain agar pihak penerbang Angkatan Udara dapat membiasakan melakukan manuver ke-dan-dari kapal induk Cavour, dan pihak penerbang Angkatan Laut dapat latihan manuver ke-dan-dari landas pacu di darat.

Dengan demikian dikemudian hari antara pihak AL dan AU dapat bersinerji dalam mengoperasikan pesawat F-35 Italia yang baru dalam jajaran Angkatan Bersenjata Italia.

https://twitter.com/theF35JPO

Sehingga kedua matra dapat melakukan operasi udara dan laut dengan lebih kompak dan efisien. Berikutnya dapat dicapai interoperability secara total dalam arti memenuhi konsep Joint and Combined secara sinerji antar matra sebagai suatu hal yang konkrit.

Diperkirakan untuk program “STOVL Joint Force” sebagai pengintegrasian kekuatan F-35 dalam jajaran Angkatan Bersenjata Italia dapat berkembang dalam tahun anggaran ini.

Pihak Angkatan Laut sendiri masih berkeinginan untuk menggunakan pangkalan di darat milik AU yang berada di Grottaglie, Italia Selatan, dimana pihak AL juga menempatkan armada pesawat tempur Harrier.

Sementara pihak AU sudah menyiapkan pangkalan yang cukup luas untuk skadron F-35A dan F-35B dekat Amendola.

Kapal induk Cavour mulai beroperasi (FOC-Full Operational Capability) dalam jajaran AL Italia pada 10 Juni 2009.  Memiliki fasilitas untuk menampung operasi pesawat tempur bersayap tetap maupun bersayap putar (V/STOL – very short take-off and landing).

Mei 2020 kapal ini telah selesai di modernisasi untuk dapat dioperasikan dengan pesawat tempur F-35B.  Kini kapal ini dapat menampung 10 unit F-35B di dalam hangar, dan enam unit parkir di deck.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Gimana menurut Lo?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Melihat Pesawat Tempur Baru Rusia, Sukhoi SU-75

KRI Fatahillah (361)