QuietKat Jeep Combat e-Bikes, Sepeda Listrik Tempur

Combat e-Bike

Seli, Sepeda Listrik atau sering dikenal sebagai e-Bikes yang mungkin sering kita lihat di perkotaan, kini naik pangkat dari jadi sepeda listrik tempur (combat e-bikes).

QuietKat, salah satu produsen sepeda listrik dari Amerika bekerja sama dengan Jeep, belum lama ini laris menjual QuietKat Jeep Combat e-Bikes ke beberapa negara seperti Denmark dan United Arab Emirates (UAE) dalam pameran Defence and Security Exhibition International Arms Fair di London.

(QuietKat Jeep Combat e-Bikes. Photo: QuietKat)

Kebutuhan akan combat e-bike mungkin bukan barang baru, sebelumnya, DARPA juga sudah mengembangan Motor Tempur yang memiliki mesin yang senyap dengan mesin hybrid untuk kepentingan penyusupan senyap atau penyergapan kilat.

Versi awal SilentHawk ini masih menggunakan energi fosil, yang dalam perkembangannya, tenaga yang digunakan juga menggunakan batere (untuk tenaga listriknya).

Salah satu prototype-nya adalah SilentHawk. Yang ini lebih mirip dengan motor trail dalam versi motor listrik. SilentHawk ini dibuat khusus agar dapat menempuh medan yang sulit dengan cepat tapi juga senyap.

(SilentHawk. Photo: Popular Science)

Tidak Amerika saja, fabrikan senjata terkemuka Rusia; Kalashnikov juga membuat produk serupa, motor trail atau combat e-bike untuk kepentingan militer maupun kepolisian dengan kode Kalashnikov UM-1.

Combat e-Bike ini dibuat oleh IZH, salah satu anak perusahaan dari Kalashnikov Group of Company dan memiliki 2 versi. Versi militer dan versi polisi.

Terlihat pertama kali pada Army 2017 International Military-Technical Forum di Moscow, Kalashnikov UM-1 ini digunakan polisi Rusia pada pengamanan Piala Dunia 2018.

(Kalashnikov UM-1. Photo: Kalashnikov Media)

QuietKat Jeep Combat e-Bikes

QueitKat Jeep Combat e-Bikes ini didisain khusus untuk penggunaan militer. Menggunakan material yang sama seperti versi sipilnya (dibuat untuk pesanan Jeep), ban ukuran 5″ layaknya ban sepeda motor, lengkap dengan penggerak 1000watt, seli ini mempunyai daya jelajah 95km.

Selain dilengkapi dengan tempat senjata (gantungan senapan), QuietKat Combat e-Bikes ini juga dilengkapi dengan portable solar panel (panel surya portabel) yang dapat digunakan untuk mengisi batere sepeda listrik ini.

(QuietKat Combat e-Bikes. Photo: QuietKat)

Dengan kombinasi seperti ini, QuietKat Combat e-Bikes ini memang cocok digunakan oleh unit pasukan khusus. Denmark dan United Arab Emirates tercatat membeli produk ini untuk pasukan para dan pasukan khususnya.

These bikes are really the SUV of e-bikes

Duncan Horner, direktur penjualan internasional untuk QuietKat

Sepeda tempur ini dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan aplikasi militer – kemampuan untuk sepenuhnya off-road, untuk membawa beban berat dan tidak bersuara.

Sepeda tempur ini sangat ideal jika kita perlu menempuh jarak terakhir di mana kita tidak dapat menggunakan kendaraan yang lebih besar tetapi masih membutuhkan bantuan mesin.

Sepeda tempur ini dibanderol seharga £7,250 per-unitnya.

Berminat?

Gimana menurut Lo?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kapal Perang Indonesia

Pindad Maung (4×4)