Pindad Anoa (6×6)

Renault VAB

image: Pindad

Pindad Anoa 6×6 memang bukanlah suatu hal yang familiar dan banyak diperbincangkan di masyarakat. Ya, tentu saja. Hal ini dikarenakan pindad anoa 6×6 bukanlah kendaraan sembarangan. Alias merupakan kendaraan perang atau kendaraan tempur yang  digunakan oleh angkatan bersenjata.

Panser Anoa, demikian PT Pindad Indonesia menamai kendaraan Alat Angkut Personel Sedang -3 (APS-3) ini. Panser ini menjadi produk unggulan dari PT Pindad di karenakan mutu dan kwalitas yang sangat baik di lihat dari segi teknologi dan kecanggihannya saat ini.

Nah, untuk bisa mengenal dan memberikan informasi lebih jauh mengenai Pindad Anoa II, berikut sekilas mengenai Pindad Anoa 6×6 ini.

image: Kompas

Pindad Anoa 6×6 APC (Armoured Personnel Carrier)

Pindad Anoa 6×6 APC atau yang dikenal dengan armoured personnel carrier sendiri merupakan salah satu kendaraan tempur pertama yang diproduksi dari PT Pindad (persero) yang dikenal sebagai salah satu kendaraan tempur yang unggul.

Hal ini dikarenakan banyak sekali fitur menarik yang ada pada Pindad Anoa 6×6 ini. Seperti misalnya unggul dalam kemudahan mobilitas, proteksi pada tiap daya angkut, juga dilengkapi dengan adanya sistem komunikasi yang baik dan otomatis pun dengan transmisinya.

image: Kompas

Pindad Anoa 6×6 ini juga memiliki rasio daya berat sekitar 25 HP per tonnya dan untuk kapasitasnya sendiri bisa diisi hingga mencapai 12 orang, termasuk pengemudi.

Pindad Anoa 6×6 ini bisa berjalan dengan kecepatan mencapai 80 km/h di jalan raya serta memiliki daya jelajah sekitar 600 km.

Spesifikasi Pindad Anoa 6×6

Pindad anoa 6×6 ini juga memiliki spesifikasi yang unik. Secara general, kendaraan ini diisi dengan konfigurasi 6×6 kru yang mana berada di dalam kendaraan dengan dimensi (pxlxt) adalah 6000 mm x 2500 mm x 2170 mm.

Untuk dasar roanya sendiri mencapai 1510 mm dan untuk berat kendaraan saat kosong yakni sekitar 12,5 ton. Jika diisi, mungkin bisa mencapai 14,5 ton dengan rasio berat diatas 20 HP/tonnya.

image: cyberarmy13

Selanjutnya, untuk performance dari pindad anoa 6×6 ini, memiliki kecepatan maksimum sekitar 80 km/jam yang mana merupakan kecepatan maksimum yang direkomendasikan, dengan maksimum gradien 60%. Kemiringan bagian samping 30% dan sudut saat memulai sekitar 45 derajat.

Kedalaman sekitar 1m, dapat melewati rintangan dengan ukuran 0,4 m. kemudian untuk tangki bahan bakar memiliki kapasitas sekitar kurang lebih 200 liter dengan jarak tempuh maksimumnya adalah sekitar 600 km.

image: Pindad

Varian Anoa 6×6

Anoa 6×6 juga memiliki banyak varian yang tentunya memiliki fungsinya masing – masing. Nah, berikut ini adalah beberapa varian dari Anoa 6×6 sebagai berikut :

  • Anoa 6×6 Amphibious
    Merupakan jenis kendaraan tipe amfibi yang mana merupakan kendaraan pengembangan terbaru dari pindad anoa 6×6 APC.
  • Anoa 6×6 Command
    Merupakan jenis kendaraan anoa yang biasanya digunakan sebagai kendaraan komandan yang berfungsi sebagai pemimpin kendaraan lain dalam proses-proses pertempuran.
  • Anoa 6×6 Recovery
    Selanjutnya, jenis kendaraan yang merupakan varian anoa 6×6 adalah varian rcovery yang mana biasanya digunak untuk keluarga. Jenis kendaraan ini juga dilengkapi dengan perlengkapan recovery yang mana salah satunya adalah boom crane.
  • Anoa 6×6 Ambulance
    Sesuai dengan namanya, jenis anoa 6×6 ini biasanya digunakan untuk para petugas medis yang ikut serta ke dalam pertempuran. Di dalamnya juga tersedia kelengkapan kesehatan untuk menunjang proses pemulihan pasukan.
  • Anoa 6×6 Logistics
    Terakhir adalah jenis anoa 6×6 logistics yang mana digunakan sebagai kendaraan pengangkut peralatan yang dibutuhkan selama proses pertempuran berlangsung.

Nah, itulah beberapa informasi terkait mengenai pindad anoa 6×6. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Gimana menurut Lo?

318 Points
Upvote Downvote

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leopard 2 A7 Main Battle Tank

7 Alutsista Amrik Yang Tidak Dijual Ke Negara Lain